Langsung ke konten utama

Pengalaman Jadi Editor Wikipedia Bahasa Indonesia

Anda pasti tahu situs web yang bernama Wikipedia, itu adalah situs web yang memperbolehkan orang untuk membuat artikel ataupun menyunting secara bebas, karena itu situs web ini mendeskripsikan dirinya sebagai Ensiklopedia Bebas, saya sering mencari referensi untuk tugas dari sana, karena sejak saya sering buka situs Wikipedia Bahasa Indonesia, saya jadi tertarik untuk bergabung sebagai pengguna.

Saya pikir Wikipedia itu tak berpenghuni, jadi seperti situs yang bergerak mencari informasi secara otomatis dengan metode Auto Generated Content, tapi ternyata ketika saya bergabung, ternyata semua pikiran saya terbantahkan karena ternyata disana ada pengurus yang terstruktur, tentu bila Wikipedianya menggunakan Bahasa Indonesia, maka pengurus dan penggunanya juga orang dari Indonesia juga.

Setelah sekitar sembilan bulan lamanya saya berkontribusi disana, saya sudah mulai banyak membuat artikel, tapi disana saya merasa sendirian dalam berkontribusi, dan ketika saya mulai ikut voting, berdiskusi, dan ternyata bila disana kita banyak berdiskusi, maka para pengguna lain juga akan berdiskusi dengan kita, sejak itu saya merasa ternyata Wikipedia itu luas.

Disana juga ada yang namanya artikel pilihan, artikel pilihan adalah artikel yang dipilih lewat konsensus sebagai karya terbaik komunitas Wikipedia yang memenuhi kriteria artikel pilihan di Wikipedia, saya sering membuat artikel, tapi belum ada artkel yang pernah menjadi artikel pilihan, sejak itu saya berniat membuat artikel pilihan, setiap hari saya fokus menulis satu artikel, walaupun sebenarnya ketika itu saya seharusnya belajar, karena besoknya saya ujian kenaikan kelas, tapi saya malah menulis artike di Wikipedia Bahasa Indonesia, dan ternyata kerja keras saya sekitar satu bulan tidak sia-sia, artikel yang saya buat saya ajukan ke konsensus untuk dijadikan artikel pilihan, terpilih sebagai artikel pilihan, kalau anda mau lihat artikel pilihan yang saya buat klik tautan ini Proyek Direktori Terbuka.

Pengalaman saya di Wikipedia Bahasa Indonesia tak berhenti disana, Wikipedia seluruh dunia termasuk Wikipedia Bahasa Indonesia mempunyai fitur baru bagi penggunanya, yaitu fitur Editor, fitur editor adalah fitur untuk memeriksa dan memberi tanda pada artikel, apakah artikel yang diperiksa sudah memenuhi kriteria standar atau belum.

Untuk menjadi editor di Wikipedia harus memenuhi persyaratan, yaitu sudah bergabung sebagai pengguna selama tiga bulan, dan sudah pernah menyunting paling sedikit 150 suntingan dalam tiga bulan terakhir, dan saya sudah memenuhi semua persyaratan, lalu saya membuat proposal permohonan hak editor, karena saya tertarik untuk jadi editor di Wikipedia Bahasa Indonesia, namun ternyata tak semudah yang saya kira, ternyata pengurus bagian penyeleksi Wikipedia Bahasa Indonesia tidak menggubris proposal yang saya buat, karena pengurus mengatakan bahwa saya masih terhitung sebagai pengguna baru, jadi belum bisa terlalu dipercaya, kira-kira selama 5 hari proposal saya tidak digubris pengurus, tapi ternyata pada tanggal 12 Juli 2010, pengurus berubah pikiran, pengurus memperbolehkan saya untuk menjadi editor, karena pengurus tersebut melihat artikel pilihan yang saya buat.

Saya diberikan hak sebagai editor dengan catatan, pengguna baru yang sudah mampu menulis Artikel Pilihan (Proyek Direktori Terbuka), ini dibawah adalah cuplikan gambarnya.
Saya sangat berterima kasih pada pengurus tersebut dan artikel pilihan yang saya buat yang telah membuat saya mendapatkan hak akses yang terbatas tersebut.

Komentar

  1. Terima kasih telah berbagi pengalaman yang berharga.
    iklan gratis

    BalasHapus
  2. Very helpful advice in this particular post! It’s the little changes that make the largest changes. Thanks for sharing!
    red ball 4 | ninjago games | swords and souls 2 | strike force kitty 2 | swords and souls game

    BalasHapus
  3. Time table box collection cross all limits.
    Awesome blog with nice articles wow....
    12th Time table 2017
    10th Time table 2017
    10th board model papers

    BalasHapus
  4. god post
    Download Gesture Lock Screen to use the unique lock screen with signature.
    Download Gesture Lock Screen to use the unique lock screen with signature.

    BalasHapus
  5. Ramanasri IAS Institute offers study hall training for UPSC IAS Exam arrangement in Delhi. Ramanasri IAS Institute Blog gives knowledge into how to break UPSC, choice of the optional subject for IAS prelims and mains test arrangement. Current issues arrangements; the craft of perusing Hindu paper and the tips for getting ready IAS meet is very much outlined in Ramanasri IAS Institute Blog. Ramanasri IAS Institute is the best IAS training foundation in India additionally offers the best IAS blog for refreshed investigation material and inside and out information about IAS tests.


    psychology books for upsc

    BalasHapus
  6. Shop for the best fitness band india under 5000 Find reviews of best fitness bands in India and buy ! best fitness trackers band under 5000

    BalasHapus
  7. Get and apply jobs for freelance models, freelance singing jobs, freelance acting jobs, freelance choreographer jobs, video editing jobs. acting jobs

    BalasHapus
  8. Get exiting offers on Christmas for your parents, grandma, grandpa, brother, sisters and for all. gifts for couples

    BalasHapus
  9. Get the latest trending and viral news first and fast with us. Get authentic news, viral news and all other trending and videos. viral news in hindi

    BalasHapus
  10. Banking is a highly competitive and demanding field that requires extensive knowledge and skills to succeed. To help aspiring bankers achieve their goals, there are several Best Banking coaching institutes in Delhi that provide specialized training and guidance which are Aspire Bankers, Career Launcher, Bank Power, Paramount Coaching Centre and Mahendra's Institute.
    See more- Top 5 Best Banking Coaching in Delhi

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Personal Wordpress Theme

Personal Wordpress Theme memang sudah banyak tersebar di Internet mulai dari yang Free hingga yang berbayar, tapi sudahkan Personal Wordpress Theme tersebut merefleksikan diri anda sebagai seorang Blogger? Tampilan atau Interface dari Personal Wordpress Theme yang biasa saja tentunya menggambarkan diri seorang Blogger yang biasa pula yang hanya menjadikan kegiatan Blogging sebagai kegiatan coba-coba, namun bayangkan apabila tampilan Blog kita profesional dan menarik tentunya akan menggambarkan bahwa Blog dan diri anda itu istimewa, tampilan tesebut tentunya juga akan membuat pengunjung blog anda merasa nyaman ketika membaca blog anda. Selain itu, di era yang serba Mobile ini dimana pengguna tablet layaknya Samsung Galaxy Tab, iPad kian bertambah, maka kita sebagai Blogger pun tak boleh kalah, dan harus mengikuti tren ini dengan beralih menggunakan Wordpress Theme yang Responsive sehingga Blog kita pun dapat dibuka secara optimal di berbagai platform seperti Handphone, Smartphone, Bl

GOSense Responsive Adsense Wordpress Theme

Setelah lama berfokus membagikan Wordpress Theme untuk kebutuhan toko online hingga akhirnya lupa pada para pengguna Wordpress yang memang menggunakan CMS ini untuk kebutuhan basic-nya yaitu untuk blogging, maka penulis kini kembali membagikan sebuah Wordpress Theme yang telah sukses di dunia Internasional yang dibuktikan dengan larisnya di WarriorForum.com, Wordpress Theme ini bernama GOSense, sebuah Wordpress Theme buatan Handoko Tantra, yaitu seorang yang telah lama menggeluti dunia Internet Marketing, sehingga dijamin Anda akan sebagai pengguna Wordpress Theme-nya tidak akan pernah merasakan pahitnya sebuah kekecewaan, karena Wordpress Theme yang bertema Magazine ini memiliki fitur luar biasa nan lengkap dan mutlak dimiliki oleh setiap Blogger sejati, sepeti: Responsive Theme / Mobile Ready Unlimited Skin Breadcrumb Ready Google Rich Snippet  Auto Generated Content  Auto Related Post Thumbnail SEO Post Metabox  Customizable Logo Custom Main Menu  Dropdown Menu Adsens

Buku SEO

Buku SEO merupakan bagian penting dari proses belajar SEO, karena tanpa adanya Buku SEO yang lengkap dan teruji maka kegiatan kita dalam mempelajari SEO akan sulit bahkan dapat berakhir pada rasa frustasi dan putus asa, ini sempat saya alami ketika saya nekat belajar SEO sendiri tanpa didampingi Buku yang sebenarnya merupakan fasilitas wajib, saya mencoba belajar SEO sendiri yang berakibat belajar tidak terstruktur, membabi buta dan berakhir dengan kegagalan mencapai tujuan yaitu menjadi Top 10 di Google. Jangan Remehkan Fungsi Dari Buku SEO!!! Tapi akhirnya saya sadar akan fungsi penting dari Buku SEO yaitu untuk membantu kita dalam mencapai tujuan kita yaitu menjadi Top 10 di Google, dengan Buku SEO yang sudah teruji berdasarkan pengalaman penulisnya yang sukses, sehingga kita tidak perlu repot-repot lagi dalam mencari cara untuk menjadi Top 10 di Google, karena dengan adanya Buku SEO kita cukup mengikuti panduan klik sana dan ketik sini. Buku SEO Berkontribusi Besar Dalam Me